Reksadana

Trading / Investasi Saham secara langsung melalui online trading / broker memiliki sisi positif dan negatif. Tidak jarang saya melihat trader/ investor sampaimerugi karena kurangnya pemahaman yang benar. tentu menjadi trader / investor bisa memberikan keuntungan yang luar biasa. Namun di sisi lain resiko yang di libatkan pun cukup besar.

Salah satu cara untuk meminimalisir resiko trading/investasi  adalah dengan memiikki waktu untuk belajar dan melihat tunning trade selama jam transaksi. Namun hal ini tentu bukan buat semua orang. Bagi anda yang memiliki pekerjaan di jam kantor, tentu menganalisa pergerakan harga saham dan melihat running trade adalah hal yang sangat rumitbahkan bisa mengganggu pekerjaan yang sudah ada.

Dalam training yang saya adakan, saya selalu menekankan bahwa trading bukan buat semua orang, karena bagi saya, trading adalah pekerjaan penuh waktu yang membutuhkan perhatian khusus seperti layaknya pekerjaan yang sesungguhnya.

Investasi Adalah Kebutuhan Untuk Semua Orang

Namun INVESTASI adalah untuk semua orang bahkan merupakan kebutuhan. kalau saya kita ingat kembali, tahun 2004, saat sayamasih kuliah, uang Rp. 5000m bisa buat beli telor 1 Kg. sementara saat ini RP. 5000 hanya bisa buat beli telor 1/4 kg atau, uangnya sih tetap sama namun yang dulunya bisa buat beli telor 1 Kg, saat ini hanya bisa buat beli telot 1/4 Kg. Artinya Nilai uang dalam waktu 11 tahun tergerus 75% kalau kita ukur dengan harga telor.

Dengan kata lain, kalau gaji anda dari tahun 2004 hingga tahun 2015 naik hanya 4x lipat, maka bisa dikatkan anda hampir tidak bisa menikmati kenaikan gaji karena nilai uang yang terus turun. sehingga disinilah Investasi menjadi sebuah kebutuhan

Investasi yang menurut saya cocok untuk anda yang berada dalam kondisi seperti ini (pekerja kantoran), adalah reksadana. Kelebihan reksadana dibanding saham adalah, ada pada pengelola dana, dimana anda tidak perlu lagi repot – repot mencari tau saham apa yang akan naik , dan disinilah pernah pengelola uang atau manager investais yang akan bekerja kepada anda dan anda bisa fokus pada pekerjaan utama anda.

Bahkan untuk ibu / bapak rumah tangga pun reksadana menjadi salah satu pilihan. Saya sendiri merasa  sejak memiliki anak, , ada kseulitan tersendii untuk bisa konsentrasi penuh di saham. Karena umur anak masih kecil tentu membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang besar dari kedua orang tuanya. Dan saya tidak ingin melewatkan waktu bersama anak saya. Sehingga saya dan keluarga pun juga mmeiliki reksadana. dalam hal ini reksadana campuran (saham dan obligasi) sebagai dana untuk berjaga – jaga.

Pada kesempatan ini juga , BEI5000 ingin menawarkan reksadana dari Panin Asset Management.

Sebelumnya berikut sedikit penjelasan tentang Reksadana yang saya kutip dari website Panin Asset Management :

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Karena reksa dana berisi kumpulan dari beberapa efek, maka berinvestasi dalam reksa dana mempunyai keunggulan istimewa, yaitu diversifikasi. Diversifikasi akan menurunkan resiko investasi yang dihadapi nasabah.

Kelebihan lain dari berinvestasi dalam reksa dana adalah kemudahan. Selain membantu nasabah membuat keputusan investasi, manager investasi juga melakukan penyelesaian transaksi dan pembukuan, manajemen resiko, transaksi jual beli efek, dan kegiatan-kegiatan lainnya sebagaimana telah diatur oleh Bapepam di dalam 10 fungsi yang harus dijalani oleh manajer investasi.

Kemudahan lain berbanding Saham adalah ; untuk memperbaiki Portfolio kita hanya perlu melakukan Investasi rutin secara berkalam dan melakukan top up regular saat terjadikoreksi di Market.

Untuk memulai investasi dalam reksa dana, biasanya ada minimum dana yang diperlukan. Seluruh informasi penting tentang sebuah reksa dana, termasuk jumlah setoran awal, dijelaskan dalam propektus reksa dana tersebut.

Reksa Dana terdiri dari beberapa kategori sesuai dengan jenis aset yang dikelola. Berikut ini adalah beberapa jenis reksa dana terbuka:
Reksa Dana Saham
menempatkan sedikitnya 80% dari keseluruhan investasi pada saham yang terdaftar. Umumnya, fokus reksa dana ini adalah apresiasi modal jangka panjang. Reksa Dana Saham merupakan pilihan yang sesuai untuk investasi jangka panjang karena dapat memberikan imbal hasil yang tinggi dengan ketentuan dana awal yang rendah. Panin Asset Management menawarkan dua pilihan Reksa Dana Saham, yaitu Panin Dana Maksima dan Panin Dana Prima.

Reksa Dana Pendapatan Tetap/Obligasi
menempatkan sedikitnya 80% dari keseluruhan investasi dalam efek yang bersifat hutang, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, agen pemerintah, maupun korporasi. Tujuan reksa dana ini adalah memberikan laju pendapatan tetap kepada pemodal. Reksa Dana Obligasi memberikan imbal balik yang lebih tinggi daripada suku bunga di pasar uang, baik dalam investasi jangka pendek, menengah, maupun panjang. Reksa dana ini cukup dipengaruhi oleh tingkat suku bunga, di mana harga obligasi dapat turun seiring dengan kenaikan tingkat suku bunga. Panin Asset Management menawarkan dua pilihan Reksa Dana Pendapatan Tetap, yaitu Panin Dana Utama Plus 2 dan Panin Dana Gebyar Indonesia 2.

Reksa Dana Campuran
menempatkan investasi dalam gabungan efek ekuitas, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya. Tujuan reksa dana ini adalah memberikan pendapatan dan pertumbuhan yang stabil bagi pemodal. Reksa Dana Campuran umumnya memberikan pertumbuhan lebih tinggi daripada Reksa Dana Obligasi, dengan tingkat volatilitas yang lebih rendah daripada Reksa Dana Saham. Reksa dana ini sesuai untuk pemodal yang ingin berinvestasi pada saham dan obligasi sekaligus dalam sebuah sarana investasi. Panin Asset Management menawarkan tiga pilihan Reksa Dana Campuran, yaitu Panin Dana Unggulan, Panin Dana Bersama Plus dan Panin Dana US Dollar.

Reksa Dana Pasar Uang
Reksa Dana Pasar Uang menempatkan investasi pada efek hutang jangka pendek seperti sertifikat deposito, surat berharga komersial, dan SBI. Jenis reksa dana ini tidak mengenakan biaya pembelian maupun penarikan, dan bertujuan untuk menghasilkan laju pendapatan sambil menjaga tingkat likuiditas. Panin Asset Management menawarkan satu pilihan Reksa Dana Pasar Uang, yaitu Panin Dana Likuid.

Baca juga : 9 Tips Memilih Reksadana

Kenapa panin ?

Karena return dari Reksadana Saham, Panin Dana Maksima, dalam 16 tahun, mencapai 75x (NAB = RP. 75.000) sejak diterbitkan. yang artinya kalau anda investasi di reksadana Panin Dana Maksima saat diterbitkan (NAB RP. 1000) sebanyak 1000 unit atau RP. 1 Juta, dan terus ditahan, maka dana anda akan menjadi RP. 75 Juta tanpa kerja apapun.

Bagaimana Memulai Investasi Reksadana ?

Untuk memulai investasi reksadana, Calon investor perlu mengisi Formulsir Pembelian awal Unitr penyertaan Individu,bagi anda yang ingin membuka rekening, silahkan email alamat anda ke hendrik_lwww@bei5000.com dengan subject Reksadana Panin dan kami akan mengirimkan form pembukaan Rekening Reksadana

Berapa Dana yang Dibutuhkan  untuk memulai investasi reksadana  ?

Minimal penempatan dana  hanya Rp. 250.000 Anda sudah bisa memulai investasi reksadana..

Sekedar share pengalaman saja, pertama kali saya memulai investasi awalnya dari iseng – iseng waktu SMA, beli reksadana RP. 250.000 berkembang dalam 3 tahun jadi Rp. 500 ribu, dari sana saya mulai tertarik dan hingga saat ini di dunia pasar modal.

Apakah nantinya akan merepotkan  untuk menambah dana ?

Tidak , karena untuk investasi reksadana di Panin Asset Management, anda hanya perlu membuka satu rekening dan untuk menambah dana bisa melalui fasilitas autodebet dari rekening Mandiri,  CIMB, BCA, BRI dan bank Panin.

Baca juga : 9 Tips Memilih Reksadana

Investasi Bodong

Jokes Investasi Bodong

Jokes Investasi Bodong

Jadi ceritanya kan melelui halaman ini saya menawarkan siapapun yang ingin bergabung dengan reksadana untuk mengirim email ke saya (hendrik_lwww@bei5000.com) .

Kemudian ada seseorang yang email saya, trus saya balik nanya no HP dengan tujuan untuk menanyakan alamat dan data untuk kami kirimkan form pembukaan rekening. Oangnya langsung ngamuk mikir ini investasi bodong

NAMUN , saya rasa WASPADA dengan Imvestasi bodong maupun hipnotis adalah sesuatu yang WAJIB  dilakukan oleh semua calon investor. Karena yang namanya uang tanggung jawab sendiri. Investasi bodong di Indonesia sudah banyak memakan korban.

Investor patut waspada.

Baca juga : INVESTASI BODONG

Rekomendasi  buku :

Analisis Fundamental, Buku ini membahas tentang analisa fundamental cara memilih dan menilai perusahaan, Sehingga dalam situasi ekonomi saat ini , investor bisa tenang menghadaip gejolak harga,.

Hubungan Dengan Reksadana :

Dalam hubungan dengan reksadana, buku ini akan membantu anda memahami perusahaan yang ada di dalam prospektus, sekaligus memberikan pandangan lebih luas tentang instrumen investasi saham (jika anda memilih reksadana saham(

Harga Normal Rp. 250.000

HANYA BAGI PEMBACA ARTIKEL INI,

KODE VOUCHER : BKREKSA40
MAka anda akan mendapatkan diskon 40%

sehingga hanya bayar RP. 150.000

Transfer Ke Rekening BCA 4491295702

AN Robert Hendrik Liembono

Bukti Transfer dan Alamat Pengiriman email ke hendrik_lwww@bei5000.com

Sertakan kode KODE VOUCHER DISKON : BKREKSA40

Cover Buku Analisis Fundamental

Edisi Ebook klik disini, bayar bisa pakai pulsa HP

Testimoni Pembaca Buku Analisis Fundamental

Ludi Susanto Ludiyanto – Direktur PT. Jasa Utama Capital

  • Banyak orang yang ingin memulai trading saham tetapi tidak tahu caranya. Ingin tau tentang pasar modal yang sebenarnya secara praktikal?  Baca buku ini ! Selain itu buku ini menjelaskan dari hulu ke hilir mulai dari cara menyisihkan uang sampai cara menilai harga wajar sahamdengan bahasa yang mudah dipahami. Anda bahkan bisa mengaplikasikan analisa fundamental untuk meningkatkan kinerja bisnis anda

Hendy Karsito – Investor / Trader

  • Pembahasan buku nya menarik, sederhana, mudah dipahami dan banyak contoh yang benar terjadi. Analisanya simple tetapi langsung kena pada sasaran. Buku ini cocok bagi yang ingin mengetahui analisa fundamental secara mendasar, serunya lagi di sertai dengan kisah-kisah yang terjadi secara nyata.

Priyanto Ong

  • Buku yang menarik dan sangat berguna bagi para 

Marwan

  • Luar biasa! Ide-ide jenius dan suka berbagi ilmu itu yg saya dapatkan di dalam buku ini. Buku ini tidak hanya membahas cara menghitung ROE, PER, DER, dsb, tapi lebih ke hal yang logika analisa sebuah saham secara keseluruhan. Buku ini jauh lebih murah daripada “biaya belajar sendiri” yg selama ini saya jalankan. Contoh2 trading beliau juga disajikan secara detail, sehingga memudahkan kita mempelajari cara trading beliau. Beberapa saham juga dibahas dari sisi fundamental secara keseluruhan!

Rekomendasi JD

  • sebagai seorang teknikalis, membaca buku fundamental Pak Hendrik cukup menarik karena menggunakan bahasa awam yang mudah dimengerti, membahas fundamental dari sisi pandang sehari-hari dan tidak menggunakan hitungan yang njelimet, hingga orang TA seperti saya juga ngerti

Ria Napitupulu

  • Thank’s buku Fundamental Pak Hendrik menambah semangat saya untuk belajar FA krn gaya bahasanya seperti sdg bercerita, gak ribet. Baca bukunya lihat judul daftar isi dulu…pilih-pilih tp akhirnya baca lagi semua dr awal.

Barce Chain

  • Setelah mambaca Buku FA by RH Liembono,”Gak ada lagi newbie dibisnis saham krn bukunya terang benderang mengupas tuntas & aplikatif” kl bt buku lagi info ya Om

Stephanus Kurniawan

  • Buku ini awalnya saya pikir hanya buku yang dijual ditoko buku yang isinya hanya teori, namun setelah saya lihat dari bab ke bab, ternyata buku ini berisikan pemikiran dari seorang FA ( Fundamental Analisys ) yang berpengalaman yang jarang dimuat buku buku pada umumnya… 

Roni

  • Buku yang harus di baca bagi anda yang ingin berinvestasi di pasar modal dengan perspekif lain mengenai analisa fundamental lugas mudah di mengerti dan mengena.

Linda Parman – Investor / Trader – www.lindalee.co

  • Membaca buku abah ini seperti membaca komik. Bahasa yang digunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk di mengerti untuk pemula yang mau mempelajari analisa fundamental. Tulisan2 abah juga telah merubah paradigma saya . Sebelumnya saya takut untuk menyentuh saham lapis dua bahkan lapis tiga, Namun setelah membaca saya mengerti mengapa abah tertarik kepada saham2 ini. Akhirnya sekarang saya berani untuk “menyentuh” mereka dan menikmati profit. Apa yang dituliskan disini adalah mutiara perjalanannya sebagai trader dan investor. Semua pengamatan, analisa, pelajaran dan kesimpulannya adalah apa adanya, seperti pribadinya. Saya sangat diberkati dengan persahabatan abah… Sangat diberkati dengan tulisan beliau.. May God bless you abundantly in every area of you life ‘bah

 

Leave a Reply