lazada.co.id

Menghitung Harga Wajar Saham

By | December 2, 2011

Prinsip utama dalam menghitung harga wajar saham adalah dengan memperkirakan berapa banyak uang atau cash yang bisa dikumpulkan oleh perusahaan selama perusahaan ber-operasi. Dan berapa nilai uang tersebut jika dinilai saat ini.

Jadi ada dua hal yang perlu dihitung disini, yaitu profit yang bisa dihasilkan perusahaan di masa depan dan nilai uang tersebut saat ini.

Karena perusahaan normalnya terus bertumbuh, maka untuk menghitung jumlah uang yang bisa dihasilkan perusahaan di masa depan, maka faktor pertumbuhan perusahaan yang juga harus dihitung. Salah satu cara untuk menghitung pertumbuhan perusahaan adalah dengan mengambil rata – rata pertumuhan perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Dan dipakai sebagai acuan rasio pertumbuhan. Ada satu celah dalam penghitungan growth rate dengan menggunakan rata – rata growth 5 tahun ke belakang. Yatu jika growth bukan berasal dari aktifitas normal atau growth adalah growth yang tidak bisa berulang.

BUkan berasal dari aktifitas normal berarti, jika perusahaan adalah perusahaan batubara namun pertumbuhan berasal dari jualan anak usaha, ini berarti tidak normal, atau jika perusahaan adalah perusahaan minyak, namun growth berasal dari keuntungan mata uang. Jadik growth yang baik sejatinya berasal dari aktifitas normal.

Selain berasal dari aktifitas normal, perlu kita perhitungkan, walau berasal dari aktifitas normal, apakah growth tersebut bisa dipertahankan. Misal untuk kasus perusahaan nikel dan batu bara, pada tahun 2007-awal 2008, laba perusahaan coal dan nikel naik pesat karena harga nikel naik tinggi, namun seperti kita ketahui bahwa harga nikel dan batubara tidak mungkin naik terus, karena akan merusak ekonomi dunia. akhirnya bener jatuh juga harga nikel dan coal, dan akhirnya pada akhir 2008, laba emiten coal dan nikel jatuh drastis.

Sehingga untuk hitung harga wajar saham perlu kita perhitungkan apakah perusahaan mamapu mempertahankan sustainabilitas nya. Atau untuk me-moderasi, untuk kasus perusahaan seperti ini (biasanya komoditas) growth rate harus di reduksi atau dikurangi sebelum dijadikan acuan. Mengenai berapa banyak pengurangannya harus kita sesuaikan dengan prediksi pengurangan harga komoditas di masa depan.

Ini memang sedikit rumit sebab kita harus memprediksi variabel perubahan harga jual produk dari emiten di masa depan. tentu ini sangat sulit, jadi terkadang sebelum mengitung valuasi harga wajar saham anda harus cukup ahli dalam sektor saham tersebut. Jadi ada baiknya anda hanya menghitung harga wajar perusahaan yang bener – bener anda mengerti bisnisnya..Jangan pernah hitung harga wajar saham kalau anda tidak mengerti bisnis perusahaan sebab harga wajar saham yang dihitung akan menjadi bumerang sendiri bagi anda.

Untuk masalah nilai uang saat ini, diumpamakan, nilai 1000 di tahun 1990 jelas berbeda dengan nilai uang saat ini. Jika tahun 1990 dengan uang 1000 bisa beli bensin 2 liter, saat ini dengan jumlah uang yang sama (RP. 1000 hanya bisa beli 1/5 liter atau hanya 200 mL).

Jadi dalam menghitung valuasi saham, kita perlu mengurangi nilai uang yang akan dihasilkan perusahaan disesuaikan dengan pengurangan nilai uang. (Inflasi dan Risk Factor). Ini disebut discount rate. Dipakai faktor resikodalam discount rate untuk meminimalisir erorr dalam perhitungan harga wajar saham.

Misal rata – rata pertumbuhan 5 tahun terakhir adalah 30%, namun kita perlu ingat bahwa makin besar perusahaan maka makin sulit untuk suatu perusahaan bertumbuh. Jadi asumsi pertumbuhan/growth 5 tahun terakhir sudah pasti ERROR. Namun error ini bisa di minimalisir dengan penggunaan DIscount rate yang tinggi untuk mengurangi error.

Discount rate nya biasanya saya pakai rumus (DER x 10)+ Inflasi. Jadi misal DER = 1,5x sementara Inflasi saat ini adalah 5%.Maka dicount rate bisa menjadi 20%. Namun untuk beberapa kasus seperti banking yang DER mencapai 9-15x tentu DERx10 tidak perlu diperhitungkan karena memang bisnis bank adalah menerima dana dari masyarakat yang dianggap hutang dan menyalurkan sebagai kredit, dan malah DER makin tinggi makin bagus. Namun ada beberapa sektor juga yang memiliki DER yang tinggi, jadi patut dipertimbangkan secara bijak juga dalam penentuan Discount rate. Dan saran saya ada baiknya discount rate sebaiknya sengaja dibesar – besarkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

untuk masalah perhitugan tahun, berarti anda memperkirakan bahwa untuk N tahun tertentu, perusahaan akan terus menghasilkan laba dan kemudian setelah n tahun tersebut perusahaan akan ditutup dan seluruh laba yang dikumpulkan dan ditana (retained earning) akan dibagikan kepada pemegang saham. Perlu dipakai variabel lama perusahaan akan hidup karena hampir tidak ada perusahaan yang akan hidup selamanya. Dan juga walau bisa hidup sangat lama namun sangat sulit mempertahankan pertumbuhan tetap tinggi sesuai dengan growth rate awal.

Biasanya untuk konservatif dipakai 10 tahun, moderat 15 tahun dan agresif 20 tahun..

BEI5000.COM sudah menyediakan fasilitas untuk menghitung harga wajar saham secara otomatis di

bei5000.com/chart/hargawajar.php

Disana anda tinggal masukan kode saham, growth rate dan juga discount rate serta tahun perusahaan bisa berjalan dan tekan tombok OK. setelah anda tekan tombol OK, akan muncul angka DER serta growth rate yang dihitung secara komputerisasi. anda bisa mengubahnya sesuai dengan rata – rata growth yang muncul atau sesuai dengan perhitungan yang anda buat sendiri.

Comments

comments

7 thoughts on “Menghitung Harga Wajar Saham

  1. raven

    permisi Pak, nmpang tanya, kenapa dalam penentuan discont rate tidak dipakai CAPM ya? soalnya hasilnya bisa beda banget.. Terimakasih sebelmnya

    Reply
  2. Dhermawant

    Pak Admin, ini berkaitan dg pertanyaan saya sebelumnya.

    1. Misalkan, jika IHSG saat ini = 4,174.0970 (data IHSG tgl. 12 Sept 2012 ). Apakah itu artinya juga = Rp.4,174.0970 (sekitar Rp. 4.174), ya Pak?
    2. Misalkan, saya sering melihat berita di TV, mengatakan “Hari ini IHSG naik 18 point”. Apakah pengertian sederhananya, misalkan dengan saham UNVR (Unilever) yang awalnya seharga Rp. 28,000 per lembar, akan menjadi = Rp. 28,000 + Rp. 18 = Rp. 28,018. Jika 1lot berarti = Rp. 28,018 x 500 lembar = Rp. 14,009,000 , Apakah seperti itu Pak pengertiannya? Mohon penjelasannya !

    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
    1. roberthendrik Post author

      pagi pak

      1. Saat ini BEI 4257 dan kapitalisasi sebesar 4023 T
      jika kapitalisasi BEI naik 1%, maka BEI akan naik 1% dari 4257 atau naik 42,57 point menjadi sekitar 4299

      2. Pengertian BEI naik 18 point adalah gini
      misal saat ini kapitalisasi BEI = 3600 T, sementar BEi juga Misal 3600
      BEi naik 18 point berarti BEI naik 18/3600 = 0,5%
      berartI kapitaliasi BEi juga naik 0,5% dari 3600 T atau naik 18T
      nah di BEI ada sekitar 400 saham, dari 400 saham tersebut ada yang naik dan ada yang turun, namun jika BEI naik 18 point (berarti naik 18T) berarti
      dari 400 saham tersebut ada yang naik dan ada yang turun namu dika ditotalkan (yang naik – yangturun) maka ada selisih positif sebesar 18 T

      dan bisa saja UNVR turun 100 point, TLKM naik 200 point,. BUMI turun 50 pount dan lain2 namun totalnya selisih positif 18 T

      Reply
  3. Dhermawant

    Salam Pak Admin,
    Pak saya masih belajar tentang saham, saya ingin bertanya:

    1. Yang dimaksud “point” di saham itu apa Pak? saya sering mendengar, seperti saham naik/turun 50 point. Apakah itu maksudnya 50 rupiah, 50ribu rupiah, atau gimana ?
    2. Pak, untuk mengetahui harga saham itu gimana? Kalau di reksadana kita kan bisa melihatnya di NAB/up-nya. Kalau di saham itu gimana? Misalkan, saya ingin membeli sahamnya Unilever, dan ingin mengetahui berapa harga saham itu setiap 1 lot-nya, itu gimana? Mohon penjelasannya!

    Terimakasih sebelumnya.

    Reply
    1. roberthendrik Post author

      Pagi pak ,
      salam kenal

      1. point adalah rupiah misl dikartakn suatus aham turun 50 point = 50 rupiah tapi kadang2 bisa juga dalam bentuk fraksi makanya perlu dibaca baik2…misal 1 fraksi = Rp. 10 maka naik 5 point = naik 50 rupiah

      2. banyak ttoonya di koran biasanya ada , kalau gak salah kompas ada, bisa juga lewat web, misal etrading.co.id , finance.yahoo.com atau bisa langsung telpon ke kantor broker, 1 lot berarti = 500 lembar saham, misal saat ini UNVR Rp. 28.000 per saham, minimal pembelian = 1 lot, berarti 1 lot nya = 500 lembar x 28.000 = 14 juta per lot, ad juga saham yang hanya RP. 50 per lembar sehingga 1 lot = RP. 25.000

      mudah2an jawaban saya bisa membantu :D kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kembali pak

      Reply
  4. herdy

    nilai wajar sahamnya kok error ya, ndak muncul nilai wajar sahamnya. xi xi

    Reply
    1. roberthendrik Post author

      udah diperbaiki pak, silahkan di cek

      Reply

Leave a Reply

Connect with:

No provider registered!
Please visit the Settings\ WP Social Login administration page to configure this plugin.

Your email address will not be published. Required fields are marked *